Kamis, 10 September 2009

Archive for the ‘Belajar’ Category


Ilmu tanaman sebenarnya sangatlah penting walaupun banyak yang belum menyadarinya. Banyak yang melupakan bahwa tanamanlah yang menyuport hidup miliaran umat manusia di dunia. Dari tanaman kita mendapatkan oksigen untuk bernafas dan dari tanaman pulalah kita mendapatkan bahan makanan kita.

Semakin lama lahan untuk hidup tanaman semakin terbatas padahal kebutuhan hidup manusia semakin membesar.Selain menjadi bahan utama dalam penyediaan makanan bagi seluruh mahluk hidup di dunia, tanaman juga dapat menjadi solusi energy masa depan. Penyediaan bahan bakar minyak semakin lama akan semakin berkurang dan bisa jadi keeksistensiannya akan lenyap dari muka bumi.

Penjagaan eksistensi tanaman baik tanaman pangan ataupun jenis tanaman lainnya seperti tanaman hias dan tanaman industry membutuhkan perhatian tersendiri dari manusia. Pengembangan varietas tanaman baru dengan sifat-sifat keunggulan harus ditingkatkan dengan melakukan penelitian lebih lanjut di bidang pertanian. Pembelajaran tentang ilmu tanaman saat ini mulai digalakkan oleh beberapa pemerintah berbagai negara di dunia.

Selain itu ilmu tanaman saat ini mulai diminati dan menjadi titik balik yang diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Sayangnya di Indonesia para peneliti dipandang sebelah mata dan posisinya tidak lebih baik dibandingkan dengan para pelaku ekonomi padahal peran sertanya sangat penting untuk meningkatkan perbaikan terutama perbaikan di bidang pertanian. Pemerintah sebaiknya dapat memberikan rangsangan berupa gaji yang lebih baik kepada para peneliti serta memberi kesempatan berupa beasiswa ke luar negeri untuk memberikan hasil yang terbaik untuk bangsa.

Sayangnya, karena gaji peneliti di Indonesia jauh lebih kecil serta tidak adanya penjaminan untuk hidup yang layak, banyak peneliti Indonesia yang belajar di luar negeri lebih memilih untuk bekerja di negara lain. Hal ini sebenarnya sangat merugikan Indonesia karena Indonesia telah kehilangan orang orang yang berjasa menciptakan teknologi yang dapat membawa Indonesia menuju ke negara yang lebih maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar